Perjalanan Tim PKM-T UHO Menggapai Juara Favorit PIMNAS 33

Oleh admin, 03 Dec 2020

Empat mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Penerapan Teknologi (PKM-T) dengan judul “Smart Sago Filter Bertenaga Hybrid untuk Optimalisasi Tepung Sagu Petani Matabondu” menjadi juara favorit kelas PKMT-3 dari 20 tim universitas lainnya di Indonesia. Pengumuman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020 secara virtual melalui kanal Youtube Universitas Gadjah Mada dan Zoom interaktif. 

 

Tim tersebut diketuai oleh Pebi Wahyudin dengan anggota Muhammad Syahrin dan Aditya Sukadi Putra dari Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, serta Yandi Rismawan dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian. Tim ini berada di bawah bimbingan Hasmina Tari Mokui, S. T., M.E., Ph.D.

 

Bulan November 2019 merupakan tahap awal penyusunan proposal PKM untuk pendanaan tahun 2020. Tim ini melakukan survei permasalahan pada mitra Kelompok Tani Matabondu di Desa Labela, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe dan melakukan diskusi atas solusi yang akan diterapkan.

 

Tahapan selanjutnya adalah proses seleksi tingkat universitas, kemudian dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional untuk mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumuman proposal PKM yang didanai disampaikan pada tanggal 5 Agustus 2020. Total proposal yang memperoleh pendanaan sebesar 3600 proposal dari kurang lebih 65000 proposal yang terdaftar pada tahun 2019.

Pandemi Corona Virus Disease atau COVID-19 juga mempengaruhi pelaksanaan PKM. Kegiatan yang seharusnya dilaksanakan luring selama lima bulan dipercepat menjadi 2 dua bulan saja dengan pelaksanaan secara daring dan luaran PKM dibuat dalam format digital.

 

Tahapan selanjutnya adalah Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program (PKP2) PKM 5 Bidang yang dimulai dari tanggal 1 – 14 Oktober 2020. Pelaksanaan PKP2 adalah salah satu penilaian penentuan untuk menjadi peserta PIMNAS dengan tim penilai yang terdiri dari dua orang reviewer sesuai bidang keahlian. Selain itu, syarat lainnya adalah pengumpulan laporan akhir pelaksanaan PKM tanggal 26 Oktober 2020.

 

Pada hari Kamis, 29 Oktober 2020, daftar peserta PIMNAS Ke-33 diumumkan. Pada tahapan ini, jumlah tim mengerucut dari 3600 tim menjadi 625 tim saja untuk semua bidang PKM.

 

Kegiatan PIMNAS dilaksanakan pada 24 – 29 November 2020 oleh Universitas Gadjah Mada sebagai tuan rumah kegiatan ini. Pelaksanaan PIMNAS kali ini berbeda dengan sebelumnya dimana dilaksanakan dengan kombinasi secara luring dan daring. Sesi presentasi dilaksanakan secara daring selama dua hari yaitu pada tanggal 26 dan 27 November untuk masing-masing kelas PKM. Sedangkan pelaksanaan penilaian poster dilaksanakan secara luring yang hanya dihadiri oleh tim juri.

 

Ketua Tim Juara Favorit PIMNAS ini, Pebi Wahyudin, menyampaikan, “menjadi peserta PIMNAS saja kami sangat senang, apa lagi saat acara penutupan dan pengumuman juara ketika tim kami disebut dan mendapatkan juara favorit. Semua berkat usaha tim serta semua orang yang telah membantu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua. Harapan kami tim PKM UHO yang berikutnya bisa mencapai prestasi yang lebih tinggi dalam ajang PIMNAS. Hal ini tentu membutuhkan persiapan yang baik mulai dari usul Proposal sampai menjadi peserta PIMNAS”

«Kembali